Otomotif
Mengenal Lebih Jauh Fitur Cruise Control pada Mobil Mitsubishi

Mengenal Lebih Jauh Fitur Cruise Control pada Mobil Mitsubishi

Dewasa ini, calon konsumen kendaraan beroda empat bukan lagi hanya melirik mobil dari segi penampilan, tetapi juga dari fitur yang ditawarkan. Salah satu fitur menarik nan penting yang sedang naik daun adalah cruise control pada Xpander Ultimate series dan adaptive cruise control pada Pajero Sport Dakar. Tak ayal, banyak dari mereka yang kemudian tertarik untuk membawa pulang satu dari mobil Mitsubishi tipe tertinggi itu setelah menghitung biaya cicilan kendaraan di simulasi kredit mobil Mitsubishi. Memang, apa, sih, spesialnya fitur ini? Simak ulasannya di bawah, ya!

Fungsi Cruise Control

Kegunaan utama dari fitur ini adalah menjaga kestabilan kecepatan mobil ketika melaju. Dengan menggunakan fitur ini, Anda tidak perlu selalu menginjak pedal gas. Anda hanya perlu mengoperasikan fitur yang dibutuhkan, dengan demikian, kaki bisa diistirahatkan sejenak.

Penggunaan fitur ini sangat cocok ketika Anda sedang mengemudikan kendaraan untuk bepergian jauh di tengah jalan yang lengang, seperti di jalan tol. Kecanggihan fitur ini pun dapat dioperasikan dengan mudah tanpa harus lepas dari kemudi.

Cara Pengaktifan

Seperti yang sudah sedikit dibahas di atas, fitur ini memang paling pas ketika digunakan di jalanan yang lengang. Sebab, fitur ini hanya bisa diaktifkan ketika kecepatan mobil sudah mencapai 40 km/jam ke atas.

Walaupun pengaktifannya otomatis, namun pengemudi harus tetap bisa mengatur ritme perjalannya. Apalagi jika sudah mulai memasuki jalanan yang cukup padat, pengemudi harus tahu cara mematikan fitur dan kembali ke mode normal.

Cara Penggunaan

Keistimewaan dari fitur ini, selain kecanggihannya, adalah letaknya yang sangat mudah dijangkau. Anda hanya perlu melihat ke sisi sebelah kanan kemudi. Di sana sudah terdapat panel-panel yang memuat fitur ini.

Setelah mode menyala, maka akan nampak logo Cruise Control pada layar MID. Cari tombol SET dan tekan, mode cruise control sudah dapat dinikmati. Selanjutnya, laju mobil akan mengikuti laju mobil sesaat sebelum fitur diaktifkan.

Misalnya, kecepatan terakhir sebelum fitur aktif adalah 70 km/ jam, maka selama fitur aktif mobil akan selalu melaju pada kecepatan tersebut. Jika ingin menambah kecepatan atau menguranginya, Anda tinggal menekan tombol (+) atau (-). Jika ingin mematikan fitur, Anda hanya perlu menginjak rem.

Perbedaan Cruise Control Biasa dan Adaptive Cruise Control (ACC)

Sebenarnya keduanya memiliki kemiripan, hanya saja adaptive cruise control adalah versi yang lebih canggih daripada cruise control biasa. Cara pengaktifan hingga penonaktifan kedua fitur ini pun sama saja.

Hanya memang teknologi yang digunakan pada adaptive cruise control lebih tinggi. Perbedaan lainnya adalah mode ACC sudah memiliki pendeteksi jarak dan kecepatan mobil lain yang berada di area sekitar mobil Anda. Mobil akan mengerem otomatis jika jarak Anda dan mobil di depan terlalu dekat.

Memiliki mobil dengan fitur canggih semacam ini tentu akan sangat memudahkan pengemudi. Tentunya, diharapkan dengan fitur yang semacam ini dapat menambah kenyamanan dan keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

Tinggalkan Balasan